|Selamat Datang di website Forum Komunikasi Humas Perguruan Tinggi Malang Raya.

|Bergabunglah bersama kami untuk maju, maju untuk bersama.

Selasa, 11 November 2008

DEKLARASI FORUM KOMUNIKASI HUMAS PERGURUAN TINGGI (FORKOM HUMAS PERTI)

“Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, Humas Perguruan Tinggi Malang Raya menyadari sepenuhnya nilai mendasar tujuan pendidikan nasional sebagai acuan pengembangan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berbudi luhur, memiliki wawasan yang luas, sehat jasamani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan yang mendalam, sehingga mampu dan ikhlas memberikan yang terbaik demi terwujudnya pembangunan nasional berdasarkan Pancasila sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, di tengah-tengah gejolak lingkungan global yang berubah sebagai dampak dari perkembangan ilmu dan teknologi.

Untuk melaksanakan peran dan fungsi humas perguruan tinggi, dengan penuh kesadaran dan kesungguhan membentuk Forum Komunikasi Humas Perguruan Tinggi (Forkom Humas Perti) dengan menyelenggarakan berbagai program yang dikelola secara efektif dan efesien serta bertanggungjawab.

Misi Utama Forkom Humas Perti adalah ingin mendarmabaktikan kemampuannya pada bagsa dan Negara, khususnya dalam profesionalisme di bidang kehumasan melalui perguruan tinggi. Ke luar, ingin menanamkan makna kegiatan humas dalam arti bagaimana memberikan kemampuan dalam pengelolaan informasi dan program komunikasi yang berkatan dengan penciptaan, pengembangan, dan pembinaan citra perguruan tinggi dan di lingkungan Depdiknas. Ke dalam, melakukan koordinasi, peningkatan profesi dan menjaga dinamika perguruan tinggi melalui kerjasama yang baik.

Dengan terbentuknya Forkom Humas Perti merupakan wadah dan rujukan pengembangan peran humas ke depan. Dengan berdasarkan atas asas-asas Pancasila, UUD 1945, dengan senantiasa berwawasan nasional, kemanusiaan dan cultural maka Forkom Humas Perguruan Tinggi ini ditetapkan dan dilaksanakan”

Malang, 23 Februari 2004




REKOMENDASI RAPAT PERTEMUAN FORKOM HUMAS PERGURUAN TINGGI SE-INDONESIA DAN LINGKUNGAN DEPDIKNAS
DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG, 23 FEBRUARI 2004


1. Untuk membangun jaringan informasi dan komunikasi serta mendukung penyelenggaraan tugas-tugas kehumasan perguruan Tinggi se-Indonesia dan di lingkungan Depdiknas yang terkait dengan publikasi kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masya-rakat) serta kebijakan-kebijakan lain yang berhubungan dengan lembaga pendidikan tinggi, maka dipandang perlu membina kerjasama melalui Forum Komunikasi Perguruan Tinggi


2. Agar dapat berperan secara optimal, humas perguran tinggi perlu mendapatkan status dan wewenang yang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk itu Forum Humas Perguruan Tinggi secara bersama-sama mengusulkan kepada pimpinan Perguruan Tinggi:

a. Agar menempatkan posisi humas perguruan tinggi berada di bawah
Pimpinan puncak perguruan tinggi (Rektor/Ketua/Direktur/Koordinator), sehingga secara operasional dapat berkoordinasi langsung.

b. Agar memberikan dukungan berupa dana /anggaran yang cukup, perala-
tan yang memadai, dan personil yang professional sehingga humas perguruan tinggi dapat melaksanakan tugas-tugas kehumasan secara efektif

3. Forum Komunikasi Humas Perguruan Tinggi memandang perlu bersama-
sama:


  1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia praktisi humas perguruan tinggi melalui upaya sistematis dan terencana.
  2. Mensosialisasikan peran penting Humas dan prinsip-prinsip public relations kepada para pejabat pendidikan non kehumasan.
  3. Menjaga terjalinnya komunikasi dan informasi antar praktisi humas perguruan tinggi se-Indonesia dengan mengadakan pertemuan secara berkala (sesuai kebutuhan).

Malang, 23 Februari 2004

0 komentar: