|Selamat Datang di website Forum Komunikasi Humas Perguruan Tinggi Malang Raya.

|Bergabunglah bersama kami untuk maju, maju untuk bersama.

Rabu, 12 November 2008

KOMISI B: PROGRAM KERJA FORKOM HUMAS PERGURUAN TINGGI SE MALANG RAYA

PENDAHULUAN

Proses pemberdayaan perguruan tinggi antara lain berkaitan dengan pengembangan budaya profesionalisme dengan ciri-ciri memiliki keahlian (expertise), tanggung jawab (responsibility), dan kesejawatan (corporateness). Budaya profesionalisme ini akan mempunyai dampak pada keluaran (output) perguruan tinggi, yaitu menghasilkan sarjana-sarjana profesional dan diharapkan dapat menjadi agen perubahan masyarakat dan mampu menjadi modernising force dalam kehidupan masyarakat secara luas.

Perguruan tinggi dalam era globalisasi hendaknya mengeluarkan “output” yang berorientasi keilmuan, profesional yang memilki kemampuan dasar sesuai spesialisasinya, berjiwa mandiri, mampu bekerja sama dalam tim dengan disiplin ilmua lain, mampu mengembangkan inovasi serta membantu masyarakat memecahkan masalah-masalah dalam mencapai kesejahteraan hidupnya. Selain itu, perguruan tinggi perlu meningkatkan kerja sama dengan dunia industri dan perusahaan-perusahaan swasta. Kerja sama ini dapat terwujud dalam penggarapan proyek penelitian bersama untuk kepentingan mahasiswa, perguruan tinggi, dunia industri, dan perusahaan swasta yang diselenggarakan oleh para dosen dan mahasiswa.

Dalam upaya merealisasikan hal tersebut, perlu adanya suatu forum untuk mewadahi pemikiran dan gagasan dalam menyamakan persepsi tentang tugas dan fungsi kehumasan perguruan tinggi. Melalui wadah ini, dimaksudkan untuk mempererat informasi dan komunikasi tentang serangkaian kegiatan dan akselerasi muatan pendidikan di perguruan tinggi se Malang Raya. Selain itu dengan adanya forum ini akan dapat memberikan masukan dan keluaran tentang tugas dan fungsi kehumasan di sebuah perguruan tinggi. Oleh karena itu dalam rangka menyongsong Kota Malang sebagai kota Pendidikan Internasional, maka peran perguruan tinggi semakin dituntut memberikan manajemen dan layanan profesional. Untuk meningkatkan layanan yang profesional di perguruan tinggi tersebut harus didukung peran humas secara optimal. Implementasinya adalah dengan memberikan informasi, komunikasi, dan kerjasama yang baik dengan masyarakat, instansi non perguruan tinggi dan perguruan tinggi lain di luar Malang Raya.


PROGRAM KERJA FORKOM

1. Bidang Pengembangan Forkom dan SDM

a. Menjalin kerjasama dengan lembaga dunia pendidikan dan non pendidikan

b. Melaksanakan penelitian tentang perkembangan kehumasan

c. Melaksanakan workshop dan seminar ilmiah antara kelompok pelajar, mahasiswa, maupun pihak perguruan tinggi sendiri

2. Bidang Pendidikan dan Pelatihan

a. Mengadakan pendidikan dan latihan tentang kehumasan bagi siswa dan mahasiswa yang mempunyai kompetensi di bidangnya

b. Mengadakan pendidikan dan latihan tentang dunia pers, protokoler, dan kiat penulisan baik dalam bentuk berita maupun artikel

3. Bidang Perencanaan

a. Memikirkan program kegiatan rutin secara optimal dan menata program kegiatan ke depan

b. Merencanakan kegiatan baik dalam bentuk kerja sama, kunjungan kerja di luar Malang Raya, tau studi komparatif

4. Bidang Penerbitan dan Informasi

a. Mengadakan kerjasama dengan penerbitan terkait dengan penerbitan buletin, informasi buku, tabloid kampus, jurnal, dan lain-lain.

b. Membuat brosur-brosur tentang informasi perguruan tinggi dan kegiatan di Malang Raya

c. Mengikuti pameran-pameran pendidikan yang diselenggrakan di instansi pemerintah maupun swasta atau organisasi lainnya.

d. Menjalin kerja sama dalam bidang informasi dengan dunia industri dan perusahaan-perusahaan swasta

5. Bidang Kesekretariatan

a. Memproses surat menyurat, baik surat masuk maupun surat keluar

b. Penataan keanggotaan forkom dengan formulir dan tata cara keanggotaan sebagai identitas anggota forkom

c. Penataan sekretariat dengan memikirkan dan mengupayakan tempat sekretariat dan perlengkapannya berikut jadwal kerja harian

d. Menyebarkan dan memperlancar arus informasi yang berasal dari luar maupun dari dalam yang berkenaan dengan info kegiatan pendidikan dan non kependidikan

6. Bidang Keuangan

a. Menerima sumbangan dari pihak instansi pemerintah maupun swasta

b. Menerima sumbangan dari donatur anggota sendiri

c. Mencatat arus keuangan yang masuk maupun keluar dan membuat laporan keuangan pada setiap akhir bulan

Malang, 7 Agustus 2008

Tim Perumus

0 komentar: