Pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 40 orang pejabat Humas dari Perti Malang Raya itu bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar anggota. Selain itu juga untuk memperdalam skill dan kemampuan anggota dalam mengelola tugas-tugas kehumasan di perguruan tingginya masing-masing.
Hal ini dibenarkan oleh pembantu rektor (PR) III I Wayan Mundra, MT mengatakan bahwa pertemuan semacam ini bisa memberi manfaat khususnya forum humas perti Malang raya. Dalam hal ini humas mempunyai peran yang sangat penting bagi PT, karena humaslah yang bisa merubah citra dari PT itu sendiri, bebernya.
Saat ini, ada sekitar 45 PT yang ada di Malang raya, namun tidak semua PT tersebut bergabung dengan forkom humas. Untuk itu, pengurus forkom perti Malang raya akan terus mengembangkan keanggotaannya sampai 100 persen, ungkap ketua forkom M. Suharto, SS.
Lanjut komentar Koord.TIK Forkom Moh Sulhan, Untuk terjalin komunikasi terus menerus selain mengadakan pertemuan rutin forkom humas di masing-masing perguruan tinggi, Forkom Humas Perti Malang Raya menyediakan media komunikasi yaitu web blog dengan alamat domain yaitu http://forkomhumas.blogspot.com dan mailing list di http://finance.groups.yahoo.com/group/forkomhumas/, harapannya dengan media ini forkom menjadi lebih bekembang dan dikenal di perguruan tinggi di indonesia khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya.
Kegiatan kali ini menjadi lebih istimewa dari biasanya, karena pertemuan kali ini juga mengukuhkan pengurus forkom periode 2008-2010. Menariknya, acara diawali deangan dialog interaktif yang bertema “Peran dan Fungsi Humas di Perguruan Tinggi” (Peranan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membina Hubungan dengan Masyarakat). Dalam dialog kali ini menghadirkan dua pembicara yakni Dr. Zulkarnaen Nasution,M.Pd (Ka. Humas UM) dan Nasrullah, S.Sos (Ka. Humas UMM).
Dalam diskusi yang di moderatori Drs. Soecjipto, SH ini terungkap fakta bahwa kehadiran perguruan tinggi (PT) memiliki tanggungjawab sosial bagi masyarakat disekitarnya. Dengan demikian, hal ini akan berdampak positif bagi PT untuk memberikan sumbangan pikiran bagi masyarakat, beber Dr, Zulkarnaen. Dikatakan pula bahwa peran Humas dalam PT tidak hanya terbatas pada kegiatan kehumasan semata, namun bersinggungan langsung dengan kegiatan promosi terutama lewat penguatan image perguruan tinggi.